Dokumentasi Budaya

Indonesia memiliki banyak sekali budaya. Di setiap daerahnya terdapat beraneka ragam bahasa, kesenian, dan juga unsur-unsur kebudayaan lain yang khas. Contohnya Banten dengan kehidupan suku Baduy yang khas, Padang dengan tarian piringnya, Bali dengan upacara ngaben, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya, kadang kita sebagai bangsa Indonesia tidak melestarikan setiap budaya yang ada di daerah asal kita. Bahkan jika dilihat, banyak bangsa Indonesia (apalagi generasi muda) yang sama sekali tidak peduli dengan budaya yang kita punya dan lebih memilih budaya negara lain dengan alasan “tidak mau ketinggalan jaman” dan “budaya luar lebih keren”. Tidak heran mengapa terdapat banyak kasus tentang negara lain yang “mencuri” kebudayaan kita.

Selain kasus diatas, budaya kita pun bisa menghilang. Jika para generasi muda sudah tidak melirik pada suatu kebudayaan, ketika sudah tidak ada lagi orang yang bisa melestarikannya maka budaya tersebut hanya tinggal sebuah nama. Bahkan budaya tersebut akan hilang tidak berbekas. Sekarang sudah banyak pemuda yang tidak mengenal budaya daerahnya sendiri. Salah satu contohnya adalah hampir semua pemuda yang tinggal di Ciamis pasti mengenal Ondel-ondel yang berasal dari Jakarta, tapi tidak banyak yang mengenal tari Ronggeng Gunung yang berasal dari Ciamis sendiri.

Padahal kita bisa melestarikan suatu kebudayaan hanya dengan memperhatikannya. Meskipun hanya bisa mendengar namanya dan sekedar mengetahui saja, kita bisa menyelamatkan suatu budaya dari “kepunahannya”. Akan lebih baik jika kita mendokumentasikan budaya tersebut kedalam sebuah artikel, video, atau media lainnya. Selain kita bisa mempelajarinya melalui media tersebut setiap saat, kita bisa melestarikannya dengan mengenalkannya kepada orang lain.

Lises Unpad yang telah melakukan ekspedisi ke beberapa daerah di sekitar Jawa Barat untuk mendokumentasikan budaya setempat, mengajak adik-adik SMA/sederajat untuk melakukan hal yang sama. Pada acara KANDAGA yang diselenggarakan oleh Lises Unpad, terdapat Lomba Dokumentasi Budaya. Adik-adik diminta untuk melakukan dokumentasi budaya yang ada di masing-masing daerah asal. Dengan kegiatan ini, adik-adik bisa menyelamatkan banyak budaya Indonesia. Contoh Doumentasi Budaya yang telah dilakukan oleh Lises Unpad :

Untuk ketentuan Dokumentasi Budaya bisa didownload dengan cara meng-klik link dibawah ini:

Ketentuan Dokbud

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Kantunkeun Balesan

Surél anjeun moal diuar-uar. Eusianeun anu wajib ditawisan ku *