Meninjau Asal Muasal Istilah Pencak Silat

10696292_916836428346091_1332812233708524147_n

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia. Ditinjau dari perspektif sejarah bahwa alasan gagalnya Majapahit mengalahkan kerajaan di tatar Pasundan disebabkan karena keahlian musuh dalam membela diri menggunakan beberapa aliran pencak silat di daerahnya (Jawa Barat).

Pencak Silat merupakan kata majemuk yang terdiri dari dua kata yakni Pencak dan Silat. Tentu saja terdapat definisi yang mengandung nilai filosofis tinggi sehingga nama/istilah Pencak Silat semakin mendunia.

Persilat yang merupakan organisasi federatif internasional mengatakan bahwa kata Pencak biasa digunakan oleh masyarakat pulau Jawa, Madura dan Bali, sedangkan kata Silat biasa digunakan oleh masyarakat di wilayah Indonesia lainnya maupun di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam serta di Thailand (bagian Selatan) dan Filipina.

Penggabungan kata Pencak dan Silat menjadi kata majemuk untuk pertama kalinya dilakukan pada pembentukan suatu organisasi persatuan dari perguruan Pencak dan perguruan Silat di Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia, disingkat “IPSI” pada tahun 1948 di Surakarta.

[A. Muslim – KandagaPS]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Kantunkeun Balesan

Surél anjeun moal diuar-uar. Eusianeun anu wajib ditawisan ku *