“Lises Ngariung” , Milangkala Lises ka – 33

mil1Pemotongan tumpeng oleh pupuhu Lises Unpad 2014-2015 (21/8)

 

mil3

Sebagian wadya balad Lises yang datang ke acara Milangkala Lises ke-33 (21/8)

Lingkung Seni Sunda Universitas Padjadjaran (Lises Unpad) merayakan hari jadi dengan mengadakan acara “Milangkala Lises 33 – Lises Ngariung” pada Sabtu (21/2). Lises Unpad mengundang seluruh wadya balad, sebutan untuk anggota Lises Unpad dan para alumni, untuk memeriahkan hari jadi yang sebenarnya jatuh pada Jumat (20/2). Acara juga terbuka bagi anggota unit lain yang berada di sekitar lokasi acara, yaitu di komplek Unit Kegiatan Mahasiswa wilayah barat.
Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran. Walau baru dimulai, suasana sudah terasa hangat. Para undangan menikmati sekoteng sembari mendengarkan sambutan dari ketua pelaksana acara Budin (Fakultas Peternakan 2013), pupuhu atau ketua umum Lises Unpad 2014-2015 Siti Hajar Riyanti (Fakultas Pertanian 2012), perwakilan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unpad Aceng Abdullah dan perwakilan alumni Lises Duddy R. S.
“Lises itu UKM pertama yang berdiri di Unpad. Harapan saya Lises leuwih nanjeur dengan adanya karya berupa buku yang berisi hasil kegiatan dokumentasi budaya”, tutur Kang Aceng dalam sambutannya
Lises memang memiliki kegiatan rutin dalam pendokumentasian budaya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan divisi penelitian dan pengembangan dalam struktur kepengurusan Lises Unpad. Ekspedisi Topeng Jawa Barat, merupakan salah satu contoh kegiatan pendokumentasian budaya yang sempat diadakan oleh Lises. Selain itu, upacara adat nyangku, seren taun, dan hajat laut juga merupakan kegiatan-kegiatan budaya yang sempat dijadikan objek dokumentasi budaya oleh Lises Unpad.
Acara dilanjutkan dengan potong tumpeng yang diberikan oleh pupuhu Lises kepada perwakilan LPKA dan perwakilan alumni. Suasana semakin ramai dengan adanya sesi tukar kado. Rangkaian dihentikan sejenak untuk beribadah shalat magrib. Setelah itu para undangan dipersilahkan untuk menyantap hidangan yang telah disediakan.
Acara kembali dimeriahkan oleh beberapa penampilan perwakilan anggota Lises yang membawakan beberapa lagu pop dan lagu daerah, unit SPDC (Sadaluhung Padjadjaran Drum Corps) membawakan aransemen beberapa lagu klasik dan masa kini dengan alat musik drumband mereka, dan para alumni yang tergabung dalam band Gamus membawakan beberapa lagu yang diiringi alunan musik kontemporer.
Selain bertujuan untuk merayakan hari jadi Lises Unpad yang ke-33, “Milangkala Lises 33” yang bertema ‘ngariung’ juga diharapkan dapat menjadi salah satu ajang berkumpul dan mengakrabkan kembali seluruh alumni dan anggota Lises, dari angkatan pertama hingga angkatan termuda.
“Sae, acarana sae. Ini reuni terbaik yang pernah saya lihat selama di Lises.” , puji Sony, salah satu alumni Lises yang saat ini melanjutkan kuliahnya di STIEPAR Bandung.
Acara ditutup dengan penampilan dari beberapa alumni Lises terbilang sukses dalam bermusik, seperti penyanyi pop Sunda Teh Inonk serta pemilik sanggar ‘Jay Angklung’ Kang Ajey. Acara pun berakhir seiring dengan pesta kembang api yang ditembakkan ke langit.
“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan sukses. Alumni dan angota Lises bisa ngariung disini sesuai dengan tujuan awal dilaksanakannya acara ini ” ungkap Budin, selaku ketua pelaksana acara.