IMG_0435

IMG_0438

PEDAS! Edisi 1, Pengenalan Litbang, Dokumentasi Budaya, dan Teknik Wawancara

Pada Hari Jumat (20/3) malam lalu, ruangan latihan Lises Unpad dipenuhi anggota Lises Unpad dari berbagai entragan (angkatan) yang sedang mengikuti Pelatihan Dasar (PEDAS!) dari divisi Litbang. Dalam PEDAS! Edisi satu ini, anggota Lises yang hadir disuguhkan materi-materi dasar yang berkaitan dengan dokumentasi budaya yaitu pengenalan Litbang, dokumentasi budaya, dan teknik wawancara. Semua materi tersebut disampaikan oleh alumni dari divisi Litbang Lises Unpad sendiri yaitu Edward Raynando, Dudin Zaenudin, dan Raden Rhea .

Kebanyakan anggota yang hadir merupakan anggota dari entragan paling muda yaitu Purnawarman, dan sisanya adalah entragan Wisnuwarman, Dharmayawarman, dan Jayasingawarman yang tertarik dengan kegiatan dokumentasi budaya. Secara total, tak kurang dari 64 anggota Lises Unpad hadir dalam PEDAS! 1 ini. PEDAS! Dimulai pukul 18.30, setelah anggota Lises Unpad selesai melaksanakan shalat Maghrib dan Latihan Rutin.

Pada PEDAS! Edisi 1 ini, para peserta diajak untuk memasuki dunia dokumentasi budaya serta diberikan informasi mengenai proses dokumentasi budaya dari persiapan hingga pembuatan output melalui sharing pengalaman dari para pembicara. Pada akhir acara, para peserta diminta membuat daftar pertanyaan untuk mewawancarai narasumber dari tempat pelestarian karinding, salah satu alat musik asli Jawa Barat. Pertanyaan-pertanyaan ini selanjutnya dibahas oleh pembicara dan kemudian disimpan oleh divisi Litbang Lises Unpad untuk dijadikan bahan pertanyaan bagi Dokumentasi Budaya Karinding yang rencananya akan dilaksanakan sekitar bulan September atau Oktober tahun ini.

PEDAS! Atau Pelatihan Dasar sendiri merupakan salah satu program kerja dari divisi Litbang Lises Unpad periode 2015. PEDAS! Merupakan salah satu upaya dari Divisi Litbang untuk meningkatkan kemampuan anggota Lises Unpad untuk mengikuti dokumentasi budaya dengan memberikan bekal materi-materi yang dibutuhkan untuk melakukan dokumentasi budaya. Materi yang akan diberikan selama satu tahun ini adalah gambaran tentang dokbud, teknik wawancara, teknik fotografi, teknik videografi, serta cara penulisan artikel. Peserta yang mengikuti minimal tiga pelatihan dasar, mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan dokumentasi budaya bersama divisi Litbang pada bulan September dan Oktober.

Dengan adanya Pelatihan Dasar ini, divisi Litbang Lises Unpad berharap anggota Lises Unpad memiliki kemampuan yang baik dalam mendokumentasikan budaya sehingga kualitas hasil dokumentasi budaya menjadi lebih baik dan memberikan manfaat bagi semua orang baik anggota Lises Unpad atau pihak eksternal yang membutuhkan informasi mengenai budaya Sunda. (Abil/Wisnuwarman)