Sekilas Tentang Lises

Lingkung Seni Sunda Universitas Padjadjaran (Lises Unpad) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Lises Unpad didirikan pada tanggal 20 Februari 1982.
Dalam rangka menyokong idealisme Ki Sunda, anggota Lises yang merupakan insan intelektual terus berupaya menjaga nilai-nilai luhur bangsa dengan memelopori berbagai macam kegiatan. Lises yang dibina dan dikembangkan oleh mahasiswa akan memiliki nilai dan tempat tersendiri di dalam perjalanan sejarah bangsa, karena “saha deui anu bakal ngamumule budaya teh iwal ti urang sorangan” (siapa lagi yang akan melestarikan budaya bangsa selain dirikita sendiri), begitu prinsip Lises.

Tujuan Lises

Lises Unpad dalam aktivitasnya selalu mengacu pada tujuan :
1. Turut serta menambah khasanah macam ragam kesenian daerah yang menjadi tulang punggung seni budaya nasional.
2. Menciptakan suatu wahana, khususnya kaum muda, untuk mencintai, memiliki, dan membangun rasa tanggung jawab terhadap Seni dan Budaya Sunda yang agung dan luhur dalam menghadapi perkembangan jaman yang semakin mendunia.
3. Mewadahi kreativitas mahasiswa di dalam aktivitas kesehariannya sebagai insan intelektual dalam tanggung jawabnya terhadap Seni dan Budaya Sunda.