Tari Badaya ini merupakan jenis tari wayang yang berkarakter putrid ladak, bentuk penyajian pada tarian ini adalah tari kelompok atau tari rampak. Dalam menarikan tari badaya ini penyaji lebih mengutamakan pengaturan pola irama, maksudnya adalah untuk lebih meningkatkan kualitas dalam menari juga menambah kekuatan dalam menarikannya. Gerak-gerak yang diutamakan adalah kepala dan kaki namun tidak secara keseluruhan, hanya memperjelas saja tanpa merubah karakter
Tari Badaya diciptakan oleh Bapak Kayat dari Garut sekitar tahun 1930 yang direkompouse oleh Bapak Iyus Rusliana sekitar tahun 1986, baik mulai korepgrafi, iringan tari, hingga tata rias busana. Tari Badaya merupakan rumpun tari wayang yang mempunyai ciri khas yaitu mempunyai kejelasan dalam pembagian gerak yang menjadi patokan keseluruhan dalam bentuk rangkaian gerak.
Tari Badaya merupakan salah satu tari putri yang berkarakter ladak karena ungkapan geraknya lebih banyak patah-patah dan berirama sedang dan cepat. Tari Badaya bukanlah merupakan suatu penokohan tertentu, melainkan menggambarkan penari putrid yang tugasnya menghibur raja dan pejabat tinggi keratin dalam cerita wayang.
Arti Badaya itu sendiri adalah wanita abdi keraton yang bertugas sebagai penari atau menari untuk menghibur raja sewaktu maseban. Unsur karawitan yang mengiringi tarian ini hanya sebuah gending yang sekaligus memiliki tiga macam pola irama yaitu gending kawitan yang tersusun mulai dari pola irama cepat, lambat, sedang, dan diakhiri dengan pola irama ke cepat lagi, kemudian dari unsure pedalangan didukung suara kecrek yang berpadu harmonis, dengan suara kendang dalam mengisi setiap ungkapan geraknya.
Tari Badaya ini termasuk kedalam jenis tari wayang putri yang disajikan dalam bentuk tari kelompok atau tari rampak tetapi tidak menutup kemungkinan tarian ini disajikan secara tunggal jadi tari badaya ini tidak mengungkapkan suatu pertokohan seperti halnya tarian wayang lainnya. Tarian ini menggambarkan ungkapan penghormatan kepada raja atau pejabat tinggi keratin, dan juga mengungkapkan kesetiaan abdi kepada rajanya.